2 Teknik Pemasangan Kabel yang Sering Digunakan Tukang Listrik

Tukang listrik adalah seorang tenaga ahli yang akan kamu butuhkan untuk mendapatkan kenyamanan pemasangan listrik di dalam rumah. Pemasangan kabel listrik yang sesuai dengan kondisi rumah akan membuat kamu merasa nyaman dan aman. Berikut dua teknik pemasangan kabel listrik yang digunakan pada rumah dan bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Tukang Listrik

1. Pemasangan Kabel dengan Teknik In Bow
Teknik pemasangan kabel in bow merupakan teknik pemasangan di mana kabel ditanamkan ke dalam dinding sehingga terlihat menyatu dengan dinding. Teknik ini membuat kabel terpasang secara permanen (tetap) karena pemasangannya harus ditanamkan ke dalam dinding.

Teknik ini cenderung dilakukan saat pembangunan rumah pertama kali atau dilakukan pada dinding yang direnovasi sehingga kabel tidak terlihat. Pola pemasangan kabel ini juga teratur dan aman. Pemasangan dengan teknik ini biasanya digunakan pada pemasangan stopkontak, sakelar, dan juga kabel paralel.

Sakelar yang menggunakan teknik ini disebut dengan sakelar on-off. Jenis sakelar yang kerjanya menghubungkan arus listrik saat tombol ditekan pada posisi on. Sebaliknya, saat ditekan pada posisi off makan arus listrik akan terputus. Jika terjadi kerusakan maka sakelar harus dibongkar oleh tenaga yang ahli di bidangnya.

2. Pemasangan Kabel dengan Teknik Out Bow
Teknik pemasangan kabel out bow merupakan teknik pemasangan yang di mana unit perangkat listrik diletakkan pada permukaan dinding rumah kamu. Dibuat seakan menempel dan membuat kabel terlihat menonjol pada permukaan dinding rumah.

Pemasangan kabel dengan cara ini akan sedikit mengganggu pemandangan pada dinding karena menonjol. Namun, teknik ini lebih mudah dan murah untuk diterapkan pada kondisi yang mendesak. Kamu juga bisa membukanya kembali jika sudah tidak lagi dibutuhkan tanpa memakan banyak waktu.

Kabel dengan teknik ini akan menggunakan protektor yaitu alat pelindung kabel yang akan membuat kabel terlihat menyatu dengan dinding. Teknik ini dibuat dengan membuat lubang kecil pada dinding dengan menggunakan mesin bor beton.

Kemudian perangkat ini akan melekat kuat di dinding dengan menggunakan sekrup. Sekrup merupakan sejenis paku yang digunakan saat pemasangan kabel dengan teknik out bow. Ukuran sekrup juga disesuaikan dengan kedalaman yang dibutuhkan pada pemasangan kabel.

Mata bor juga akan disesuaikan dengan ukuran sekrup yang digunakan. Pemasangan kabel dengan teknik ini digunakan pada sakelar push-on. Jenis sakelar yang menghubungkan arus listrik hanya dengan ditekannya tombol pada posisi on dan akan otomatis menjadi off bila tekanan dilepaskan. Contohnya pada pemasangan bel pintu rumah.

Baik pemasangan kabel dengan teknik in bow atau pun out bow, tukang listrik akan menggunakan peralatan pelindung saat pemasangan dengan menggunakan pipa pelindung. Pipa ini berfungsi sebagai pelindung dari pemasangan kawat penghantar. Adanya pipa ini akan membentuk pemasangan instalasi yang baik dan rapi.

Related Posts

2 Teknik Pemasangan Kabel yang Sering Digunakan Tukang Listrik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini