Perkembangan jeans dari masa ke masa

Salah satu jenis pakaian sejuta umat yang pasti ada di lemari pakaian adalah celana jeans. Fashion item satu ini mudah untuk dipadu padankan dengan berbagai jenis pakaian lain, baik untuk acara formal, semi formal dan sekedar santai dirumah. Selalu ada tren baru model celana jeans setip tahunnya, taukah anda bagaimana perkembangan jeans sejak ditemukannya hingga saat ini. Berikut informasi mengenai hal tersebut.

jeans

Celana jeans mulai dikenalkan pada tahun 1960-an. Ternyata pada saat itu celana jeans digunakan untuk pekerja tambang. Potongan modelnya dibuat panjang dan kebesaran. Hal ini sengaja dibuat panjang untuk melindungi kaki pekerja. Sepuluh tahun berlalu, pada era 70-an. Jeans sudah digunakan oleh banyak kalangan, bahkan artis juga mulai mengenalkan tren jeans. Pada jaman itu Elvis presley terkenal dengan model cutbray. Berbeda dengan model diawal kemunculannya, model cutbray menyempit di bagian lutut kemudian longgar kembali sampai mata kaki. Mungkin saat ini masih ada yang memakai model ini. Keunggulannnya tidak terkesan kedodoran, namun kaki tetap bis bernafas, karena tidak terjerat kuat

Setelah tren cutbray, model jeans digantikan model stone washing. Model ini ngetren pada tahun 80-an. Ciri khas dari model ini terletak pada warna yang dibuat usang, seperti celana yang sudah berulang-ulang kali di cuci sehinga warnanya memudar. Saat ini model jeans stone sudah tidak hanya pada warna yang memudar, bahkan ada lubang-lubang yang sengaja di bentuk pada celana jeans tersebut. Cara pembuatan jeans ini menggunakan stone wash, yaitu pencucian menggunakan batu apung. Sistem ini digunakan untuk menambah kelembutan dan fleksibiltas kain. Berbeda dengan kondisi kain jeans yang semula kaku

Sedangkan pada era 90-an, dua jenis jeans yang sedang  nge-tren kala itu adalaah model carpenter dan baggy jeans. pertama jenis carpenter  jeans. Mungkin anda masih ingat atau bahkan masih menyimpan jenis jeans ini. Carpenter jeans terkenal dengan banyak  kantong atau saku. Jenis celana ini identik dengan fashion item pria karena pada mulanya memang dikhususkan untuk pakaian pekerja bangunan yang membutuhkan banyak saku untuk mngantongi alat-alat bangunan. Potongan jenis ini dibuat kedodoran untuk memudahkan mobilisasi. Selain model carpenter. Pada tahun 90-an juga nge-hits adalah baggy jeans, satu pakaian yang identik dengan fashion RnB dan hip-hop. Baggy jeans di buat dengan ukuran yang lebih kedodoran dari pada carpenter. Dan juga panjang hingga menimbulkan kesan berlipat di bagian kaki. Bedanya kantong yang dimiliki tidak sebanyak pada carpenter style. Awal tahun 2000-an, Britney Spears mengenalkan jeans ultra low rise, dan sempat menjadi tren kala itu, jeans model ini dikenakan pas diatas pantat, tujuannya untuk menujukkan lekukan tubuh dan memberikan efek seksi.

Saat ini trend jeans lebih beragam dan terkesan nyeleneh bahkan, seperti model ripped  jeans. Yaitu celana jeans yang terkenal dengan jeans sobek-sobek bahkan lubangnya bisa sangat besar. Hati-hati kalau melakukan kegiatan diluar rumah menggunakan ripped jeans bisa belang-belang nanti. Jeans yang juga ngetrend saat ini yaitu model skinny jeans atau jeans ketat, khusus untuk jeans satu ini menggunakan bahan yang elastis, sehingga ketika digunakan akan membungkus kaki dan memberikan siluet kaki secara sempurna.

Celana jeans blibli.com

anda bisa menemukan beragam jenis celana jeand di blibli.com. Marketplace yang menyediakan beragam pilihan jeans baik dari desain, model, warna dan harga. Celana jeans blibli.com semakin menarik perhatian karena menyediakan jeans merek-merek terkenal seperti levi’s, lois, edwin dan beragam merek terkenal lainnya.

Related Posts

Perkembangan jeans dari masa ke masa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini